Kamis, 03 Maret 2011

Proyek 3 - Rangkaian Lampu tepuk

Rangkaian ini merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu atau mematikan lampu tanpa menggunakan saklar, bahkan tanpa menyentuhnya, cukup dengan sekali tepuk lampu akan hidup. untuk tepuk kedua kalinya akan mati, jika ditepuk lagi akan mati lagi, begitu seterusnya. rangkaian ini cukup sederhana karena hanya menggunakan komponen elektronika dasar seperti resistor, kapasitor, IC dan transistor, serta relay untuk menskalar aliran listrik ke Lampu secara magnetik. Sedangkan sensornya, alat ini menggunakan Mic Condensor agar dapat menangkap suara tepuk dari luar. Inilah rangkaian lampu dengan tepuk tersebut, disertai daftar komponen yang diperlukan. Selamat mencoba.... !!!




Dibawah ini Rangkaian saklar tepuk lain yang bisa dijadikan pengganti rangkaian di atas karena mgkn Seri IC XC 7270 sulit dicari. Saya Menampilkan 2 jenis rangkaian yang berbeda. Silahkan pilih yang model 1 {1 output } atau model 2 { 3 output }. Semua komponen rangkaian ini ada banyak tersedia dipasaran.






Selamat mencoba...


5 komentar:

Komunitas Elektronika mengatakan...

Karena kesibukan, Admin sudah tidak bisa aktif di Blog ini. bagi yang kemrin2 bertanya, semoga dengan ini ada solusinya. Salam dari saya Pribadi
Semoga berhasil..

Unknown mengatakan...

Beli IC XC7270 Dimana om?...

Unknown mengatakan...

apa benar persamaan ic xc7270 itu CD4017

Unknown mengatakan...

Bang stlah q coba gg peka itu harus bagaimana .....yg q coba adlh rngkaian yg 3 input

Unknown mengatakan...

Bang stlah q coba gg peka itu harus bagaimana .....yg q coba adlh rngkaian yg 3 input

Posting Komentar